Laman

Saturday, November 17, 2012

Kisah Singkat Sidharta Gautama|Freak Roxi

Kisah Munculnya Buddha

Agama Buddha pada awalnya disebarkan oleh Sidharta Gautama yang lahir tahun 563 SM. Ia seorang ptra mahkota dari Raja Suddhodana dan Ratu Maya dari kerajaan Sakya, ia sendiri memilih menjadi seorang pertapa dan hidup di luar istana. Awalnya dia adalah seorang Hindu. Dalam semedinya dibawah pohon Bodhi di desa Gaya, ia mendapatkan penerangan atau pencerahan sempurna. Yang kemudian disebut Buddha. Kitab suci agama Buddha ialah Tripitaka (Tiga Keranjang).

Pada masa pemerintahan raja Asyoka, ia memerintahkan penyebaran agama Buddha sampai ke luar India. Pada awalnya ia melarang penyebaran Agama Buddha, tetapi setelah menyadari kekeliurannya dan beriman, ia menjadi penganut dan pelindung Buddha.Asyoka termasuk salah satu raja terbesar yang pernah berkuasa di India.

Biodata Singkat Raja Asyoka

Raja Asyoka berasal dari kerajaan Magadha, ia anak Bidusara. Asyoka termasuk raja terpenting dalam sejarah India, ia berasal dari dinasti Maurga.

 

Pertentangan Raja Asyoka terhadap agama Buddha

Sebelum masuk Buddha, ia memerintahkan para Rahib Buddha (Biksu/Pendeta) dimasukkan dalam kuali dan dimasak (dibinasakan) karena keimanannya, para biksu selamat dan tidak mengalami apapun, sehingga Asyoka beriman (percaya) dan masuk Buddha.

No comments:

Post a Comment